Pemuda-Siswa Berbagi: Setetes Darah Selamatkan Sesama

Para siswa-siswa SMAN 2 Sumenep saat mendonorkan darahnya, Pada Sabtu (28/5).

Para siswa-siswa SMAN 2 Sumenep saat mendonorkan darahnya, Pada Sabtu (28/5).

SAHABAT ACHMAD FAUZI– “Setetes Darah Selamatkan Sesama”. Begitulah jargon donor darah siswa berbagi. Acara yang dipelopori oleh Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sumenep bersama anak muda yang tergabung di LEO Club Sumenep Sumekar itu sengaja digelar untuk mengasah kepedulian antar sesama. Terutama para pelajar dan anak muda. Ratusan pelajar pun mau berbagi darahnya di stand yang disediakan oleh panitia.

“Kami ingin mengajak para siswa-siswi untuk peduli terhadap kemanusiaan. Sebab setetes darah itu sangat bermanfaat bagi sesama, tentu demi nyawa seseorang,” ucap Ketua PPI Sumenep, Ramdan Yanuaris Salam, Sabtu (28/5) pagi saat acara donor darah.

Selain mengajak siswa untuk berbagi, lanjut siswa kelas II IPS SMAN 2 Sumenep itu, juga merupakan langkah konkret sebagai pemdua agar ikut berperan aktif dalam menumbuhkan jiwa sosial. “Termasuk, menjadi momentum refleksi bagi sebagai anak negeri untuk memaknai Harkitnas dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara,” jelasnya.

Ramdan menambahkan bahwa bahwa kegiatan donor darah memang dikerjasamakan dengan LEO Clup dan PMI untuk mengajak para guru, siswa, dan seluruh staaf untuk berbagi setetes darah untuk sesama. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu kelancaran supply darah PMI Cabang Sumenep agar mudah diperoleh saat seseorang membutuhkannya,” jelas anak dari Nurus Salam ini, anggota DPRD Sumenep.

Soetji Ferdiana, salah satu dari pengurus LEO Club menambahkan, meski tujuan utamanya adalah untuk memastikan persediaan darah di PMI Cabang Sumenep terpenuhi, ternyata kegiatan donor darah ini juga menguntungkan bagi mereka, para pendonor, yang menyumbangkan darahnya.

“Jika seseorang mendonorkan darahnya maka secara otomatis darah mereka (pendonor) akan digantikan dengan darah yang baru dari sel trombosit (darah merah), sehingga tubuh akan menjadi lebih segar dan fresh. Manfaat ini semakin nyata jika seseorang melakukan donor darah secara rutin dan dengan prosedural yang benar,” ungkap Direktur Keuangan Rumah Aspiras Pemuda ini.

Donor darah yang dilaksanakan oleh sekelompok anak muda ini dimulai dari SMAN 2 Sumenep. Untuk selanjutnya akan mengajak siswa-siswi lain, baik SMAN 1 Sumenep, SMK N 1 Sumenep, SMAN Kalianget, MAN Sumenep hingga SMKN Kalianget. (KORAN MADURA)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *